Berpakaian kasual, mengenakan topi dan kacamata hitam tentu tidak lazim jika hendak ke sekolah. Tapi itulah pemandangan yang terlihat pagi ini di TK Katolik Santa Clara, Surabaya.

“Waaahh… mau ke mana nih? Kok pagi-pagi sudah pakai kacamata hitam dan topi?”, tanya Bu Rindang kepada Mike, murid TK B.
“Kami mau rekreasi ke taman,” jawab Mike dengan penuh semangat.

Tak lama kemudian halaman sekolah mulai ramai, dan hampir semua anak mengenakan topi serta berkacamata hitam.
“Semua sudah siap berangkat?”, tanya Bu Dewi, salah satu wali kelas  yang akan memandu perjalanan hari ini.
“Siaaappp…!”, jawab mereka serempak.
“Kalau begitu, silakan ambil tas, botol minum dan tas bekal, karena kita akan segera berangkat”, lanjut Bu Dewi.

Tanpa menunggu lama, dengan gesit, semua mengambil perlengkapan yang diminta dan berangkat ke taman El Paraiso yang terletak di lantai 5 gedung SMPK Santa Clara. Hari ini adalah waktunya anak-anak rekreasi ke taman, setelah mereka belajar tentang tema tempat-tempat rekreasi.

Di El Paraiso, anak-anak belajar mengenal jenis tanaman buah, aneka tanaman bunga, dan juga sayuran yang berada di salah satu sisi taman. Banyak hal bisa dipelajari. Selain itu, anak-anak juga belajar mengenal peraturan umum di tempat rekreasi, antara lain: tetap berada di dalam kelompok, pamit jika pergi, tidak berbicara dengan orang asing, tidak menerima pemberian orang tak dikenal, berteriak minta tolong jika dipaksa atau dalam bahaya.

Anak-anak tampak sangat antusias mengikuti rekreasi ini. Rekreasi tetapi tetap belajar.
Begitulah, belajar di alam benar-benar menyenagkan bagi mereka.

 

Sr. Marselina Siu, M.C.

Tambahkan Komentar Anda